Bagaimana iPhone Apple Menjadi Salah Satu Produk Terlaris Dalam Sejarah

 

Apple meluncurkan iPhone pada tahun 2007, Steve Jobs menyebutnya sebagai "produk revolusioner" dalam kategori ponsel yang menurutnya harus ditemukan kembali.


Ketika, Apple meluncurkan iPhone pada tahun 2007, Steve Jobs menyebutnya sebagai "produk revolusioner" dalam kategori ponsel yang menurutnya harus ditemukan kembali. 

Sekarang, hampir dua puluh tahun dan empat puluh dua model setelahnya, iPhone adalah salah satu ponsel paling populer di dunia. Menurut penelitian yang dilakukan Demand Sage, Apple memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif dan telah menjual lebih dari 2,3 miliar unit iPhone.


iPhone pertama dirilis pada Juni 2007 dan dihargai $ 499 secara eksklusif untuk AT&T.

Gene Munster dari Deepwater Asset menyatakan, "Investor optimis tentang dampak yang mungkin terjadi pada Apple. Data awal yang keluar dari AT&T adalah kekecewaan dari beberapa hari pertama penjualan." Saya ingat berbicara dengan investor setelah akhir pekan pertama itu, dan salah satu investor mengatakan kepada saya bahwa produk ini sudah mati saat tiba.

Wartawan teknologi Kif Leswing dari CNBC mengatakan, "Nokia dianggap tidak dapat dihentikan, tak terkalahkan." Pada tahun 2007, Apple menjual 1,4 juta iPhone, dengan 80% dari penjualan terjadi pada kuartal keempat. Pada tahun yang sama, Nokia, pembuat Nokia 3310 ikonik, menjual 7,4 juta ponsel dalam Q4 saja.

Munster menyatakan bahwa "Komunitas investasi sebagian besar menganggap ini sebagai sesuatu yang akan menjadi pasar yang jauh lebih sulit bagi Apple untuk benar-benar pecah." 

Keadaan Apple mulai berubah ketika ia meluncurkan App Store pada tahun 2008. Ini membantu mendorong gelombang baru perusahaan teknologi kontemporer seperti Uber dan menempatkan Apple di depan pesaingnya. 

Munster menyatakan, "Itu adalah potongan, wawasan itu, produsen ponsel lainnya tidak melihat itu datang." App Store memungkinkan ponsel Anda menjadi jauh lebih banyak.

Penjualan unit iPhone terus meningkat setelah App Store. Pada tahun 2011, dengan bantuan iPhone 4s, Apple menjual 72 juta unit iPhone, mencapai titik sejarah lebih dari 50 juta unit. Pada tahun 2015, Apple menjual lebih dari 200 juta unit iPhone setiap tahun.

Marc Weber dari Museum Sejarah Komputer menyatakan, “Saya tidak berpikir ada pertanyaan iPhone menetapkan standar yang benar-benar hampir semua ponsel telah mengikuti sejak saat itu,” katanya. “App Store adalah hal yang besar, dan Android pada dasarnya mengikuti model itu dengan Play Store.”

Apple adalah perusahaan AS pertama yang berdagang publik yang mencapai cap pasar $ 1 triliun satu dekade setelah peluncuran iPhone dan saat ini menjadi salah satu perusahaan paling menguntungkan di dunia. 

Sebagai pemimpin smartphone global untuk pertama kalinya, Apple baru-baru ini mengalahkan rival terbesarnya, Samsung. Menurut data International Data Corp, Apple sekarang memiliki sedikit lebih dari 20% pangsa pasar global, menggantikan Samsung sejak 2010. 

Munster menyatakan, "Ada periode dari 2008 hingga 2015 di mana Apple harus khawatir tentang apa yang akan Samsung lakukan dengan Android. Bagian pasar mereka sebenarnya menurun secara global. Namun, apa yang telah dipelopori Apple adalah membangun ekosistem. Saya tidak bisa membayangkan skenario di mana Samsung dapat membangun suite produk yang akan mengganggu ekosistem Apple."

Microsoft, Google, dan Open AI telah menerima teknologi AI dan pembelajaran mesin lebih dari Apple.

Munster mengatakan, "AI akan menjadi penting bagi kemanusiaan, dan itu akan menjadi fitur penting di dalam iPhone." Dia menambahkan, "Apple menggunakan AI untuk membuat produk bekerja lebih baik dengan mengatur foto, membantu mengatur email, dan berpotensi melakukan hal-hal di sekitar organisasi teks. Tapi untuk sebagian besar, iPhone tidak menangkap, tidak benar-benar menangkap kesempatan penuh. Jauh dari itu ketika datang ke AI."


Sumber: cnbc.com


Posting Komentar untuk "Bagaimana iPhone Apple Menjadi Salah Satu Produk Terlaris Dalam Sejarah"